10 Tips Biar Tidak Bosan Dikala Belajar - Berpendidikan

Wednesday, July 17, 2019

10 Tips Biar Tidak Bosan Dikala Belajar

10 Tips Agar Tidak Bosan Saat Belajar_Kunci kesuksesan yaitu belajar, setiap orang yang ingin berjaya dan sukses dalam karirnya pastinya senantiasa harus banyak belajar. Belajar tidak mesti hanya dilakukan di sekolah akan tetapi acara mencar ilmu harus selalu dilakukan baik di rumah maupun di lingkungan masyarakat. Jika dahulu mencar ilmu sangat lekat dengan memakai media buku dan melalui interaksi antara guru dan siswa dalam kelas, namun lebih dari itu mencar ilmu diera milineal dikala ini tidak hanya berpatokan pada buku-buku saja akan tetapi sudah meramba pada penggunaan perangkat teknologi yang bisa mengoptimalkan kebutuhan akan acara mencar ilmu para siswa.
 setiap orang yang ingin berjaya dan sukses dalam karirnya pastinya senantiasa harus banya 10 Tips Agar Tidak Bosan Saat Belajar
Namun walaupun banyak sekali sarana dikala ini bisa menjadi media untuk mencar ilmu akan tetapi terkadang muncul titik kejenuhan dalam diri dalam melaksanakan acara belajar. Lantas bagaimana cara mengatasi perasaan jenuh atau bosan dalam diri sendiri? Berikut beberapa tips yang bisa dilakukan untuk mengatasi perasaan bosan dikala belajar.

10 Tips Agar Tidak Bosan Saat Belajar

1. Belajar dengan memakai metode yang bervariasi
Salah satu pemicu yang menciptakan anda cepat bosan dikala mencar ilmu yaitu metode atau cara yang kalian gunakan dalam mencar ilmu bersifat monoton (itu-itu saja) sehingga menciptakan pikiran menjadi praktis bosan dikala belajar.

Oleh alasannya yaitu itu gunakan cara yang bermacam-macam atau bervariasi dikala belajar, alasannya yaitu hal-hal baru/bervariasi akan menciptakan pikiran menjadi lebih tertarik untuk melaluinya.

2. Membuat rangkuman bahan pelajaran
Agar anda tidak kewalahan dalam mempelajari bahan pelajaran yang pembahasannya sangat luas, maka tidak ada salahnya anda menciptakan rangkuman dari materi-materi tersebut. Selain bisa mengefisienkan waktu juga bisa menciptakan anda lebih praktis mempelajari hal-hal dasar/inti dari bahan yang ingin anda kuasai.

3. Membuat Peta pikiran (mind mapping)
Jika hari ini anda mencar ilmu dengan cara merangkum materi, maka keesokan harinya belajarlah dengan memakai metode yang lain misalkan metode peta pikiran. Pembelajaran peta pikiran yaitu pembelajaran yang menekankan seseorang untuk menciptakan alur atau peta pikiran terkait topik-topik utama terkait hal yang sedang anda pelajari sehingga membentuk ibarat peta pikiran.

Belajar dengan metode peta pikiran juga sangat menyenangkan alasannya yaitu akan melatih kemampuan anda dalam mendesain gambar yang menciptakan topik-topik dalam bahan yang sedang anda pelajari bisa saling terkait satu sama lain.

4. Belajar di alam terbuka
Bagaimana perasaan anda bila dikala anda mencar ilmu hal yang ada di sekeliling anda itu-itu saja? Pastinya akan praktis menciptakan bosan. Oleh alasannya yaitu ada baiknya sekali-kali anda memcoba mencar ilmu di alam terbuka di bawah naungan langit yang biru dan pemandangan hijau yang asri, kemungkinan besar kondisi tersebut akan menciptakan pikiran anda rileks sehingga anda dengan praktis mencerna bahan pelajaran yang sedang anda pelajari.

5. Problem solving (pemecahan masalah) 
Jika selama ini dikala mencar ilmu anda terlebih dahulu membaca bahan kemudian menjawab soal. Maka sekali-kali anda coba mencar ilmu dengan memakai metode problem solving (pemecahan masalah), bagaimana caranya?

Caranya yaitu dengan mencari permasalahan terlebih dahulu, yakni eksklusif anda coba menjawab soal tanpa membaca bahan terlebih dahulu. Sehingga kondisi tersebut menciptakan anda merasa terchalenge/tertantang,  Problem solving akan memicu kemampuan berpikir kritis anda (hots/higher order thingking) dan efeknya yaitu anda bisa menjadi orang yang jenius dan cerdas.

6. Bimbel online
Apabila anda bosan mencar ilmu dengan cara-cara manual, mengapa tidak coba saja untuk ikut bimbingan mencar ilmu online. Anda bisa ikut bimbel online di Quipper video. Biaya ikut bimbel di Quipper Video sangat terjangkau, apalagi bila memakai kode promosi Quipper video pastinya akan lebih murah lagi.

Quipper video sudah sangat terkenal dikalangan pelajar, bahkan banyak yang menjadi juara elas sesudah ikut bimbel di Quipper video, untuk mendaftar di Quipper video juga tidak telalu susah alias gampang.

7. Diskusi 
Belajar sendiri terkadang menciptakan kita praktis bosan, oleh alasannya yaitu itu terkadang kita perlu sahabat mencar ilmu yang bisa diajak berdiskusi seputar bahan pelajaran yang sedang dipelajari. Seperti kata sebuah ungkapan yang berbunyi ibarat ini “ dua kepala yang berpikir lebih baik dari satu kepala yang berpikir.

Maka dari itu anda bisa berkumpul dengan  teman-teman anda sambil mencar ilmu bersama, saling tanya jawab seputar bahan yang belum dipahami, saling memberi masukan dan saran dan saling menyebarkan trik wacana bagaimana cara praktis untuk memahami pelajaran berdasarkan versi kalian masing-masing.

8. Modifikasi Metode jigsaw
Pernah dengan metode jigsaw? Metode jigsaw sering juga disebut dengan istilah team ahli. Cara mencar ilmu dengan memakai metode jigsaw cukup praktis dilakukan. Misalkan bila jumlah kalian ada 3, 4 atau 5 orang maka bahan yang akan kalian pelajari bersama itu kemudian di bagi secara rata topik-topiknya.

Setiap orang diberikan topik-topik yang berbeda untuk dikuasai dan pelajari, sesudah setiap orang sudah menguasai topik yang ditugaskan untuknya kemudian kalian berkumpul berbentuk lingkaran, kemudian secara bergantian memaparkan atau menjelaskan apa-apa saja yang kalian pahami terkait topik yang anda pelajari.

Setiap penerima bisa mengajukan pertanyaan kepada orang yang sedang menjelaskan/memaparkan topik yang diberikan untuknya  bila masih kurang mengerti. Kegiatan presentasi ini dilakukan secara bergantian.

9. Refreshing/berlibur
Otak juga mempunyai batas, terlalu dipaksakan untuk mencar ilmu juga tidak baik. Sehingga apa salahnya bila sesudah mencar ilmu kalian menyempatkan diri untuk pergi rekreasi, berlibur, bertmasya semoga pikiran kalian bisa kembali fresh.

Setelah berlibur pastinya otak akan kembali rileks dan siap mendapatkan materi-materi pelajaran yang akan dipelajari selanjutnya.

10. Chalenge (menantang diri sendiri)
Agar anda bisa lebih berapi-api dalam mencar ilmu maka anda bisa menantang diri sendiri. Caranya yaitu buat komitmen dengan mama atau papa kalian untuk membelikan sesuatu yang berhargadan sangat kau sukai  bila kau bisa meraih prestasi yang kelihatannya sangat susah untuk kau raih.

Dengan begitu kau akan jauh lebih termotivasi lagi mencar ilmu alasannya yaitu punya goal atau sasaran yang ingin dicapai. (Oh ya, cek juga Kumpulan Kata-Kata Indah yang Dapat Memotivasi Belajar dan Hidup Anda). Hal ini akan melecut kemampuan kau untuk tereksplorasi secara maksimal dalam menaklukan tantangan-tantangan tersebut.

Demikianlah 10 Tips Agar Tidak Bosan Saat Belajar, semoga goresan pena ini bisa menginspirasi dan bermanfaat untuk kalian. Jika kalian merasa goresan pena ini bermanfaat untuk kalian dan bisa bermanfaat pula untuk orang lain maka silahkan anda bagikan/share. Oleh: Rijal09
Comments


EmoticonEmoticon

close