Metode Berguru Matematika Yang Menyenangkan - Berpendidikan

Friday, February 22, 2019

Metode Berguru Matematika Yang Menyenangkan

Banyak orang yang beranggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang sangat membosankan dan sulit dipelajari. Padahal sebetulnya matematika itu terasa sulit alasannya ialah pemilihan metode mencar ilmu matematika yang kurang tepat.

Bagi Anda yang berprofesi sebagai guru atau seorang ibu yang ingin mengajari matematika kepada murid atau anak, idealnya tentu Anda harus mengetahui metode yang tepat. Dan dikala ini sudah banyak ditemukan metode mencar ilmu matematika yang sangat mengasyikkan sehingga lebih simpel dipahami.
Banyak orang yang beranggapan bahwa matematika merupakan pelajaran yang sangat membosankan Metode Belajar Matematika yang Menyenangkan
Beberapa Metode Belajar Matematika yang Mengasyikkan/Menyenangkan

1. Metode Kumon
Metode Kumon dalam pembelajaran matematika pertama sekali ditemukan oleh seorang guru matematika di Jepang yang berjulukan Turo Kumon. Metode Kumon ialah metode mencar ilmu perseorangan yang diadaptasi dengan kemampuan anak. Tujuannya ialah menggali potensi dan menyebarkan kemampuan anak semaksimal mungkin.

Setiap harinya murid akan diberikan lembar kerja yang harus mereka kerjakan di rumah untuk melatih pemahaman mereka.Pada metode ini, level awal untuk setiap anak ditentukan oleh bahan yang sanggup mereka kerjakan dengan mudah, sempurna dan tanpa kesalahan. Kaprikornus soal yang diberikan pada lembaran kerja sudah dirancang secara sistematis dan diadaptasi dengan kemampuan murid.

Selain itu, lembar kerja disusun dengan sangat cermat dimana perbedaan antar topik tidak terlalu senjang sehingga memungkin murid untuk mengerjakan level yang lebih tinggi tanpa kesulitan yang berarti.

2. Metode Gasing
Metode gasing diciptakan oleh Prof. Yohanes Surya. Metode ini dirancang supaya murid sanggup mempelajari matematika secara gampang, asyik dan menyenangkan, tujuannya ialah supaya image matematika itu sulit bisa terbantahkan.

Dalam metode gasing, proses pembalajaran dilakukan secara bertahap, setiap langkah disusun sedemikian rupa dan penguasaan bahan dibangun dari bahan sebelumnya. Dengan demikian murid sanggup melihat kekerabatan antara satu konsep dnegan konsep lainnya tanpa melupakan konsep yang sudah dipelajari sebelumnya.

Metode ini murid juga dibiarkan untuk bermain dan berekplorasi dengan alat peraga sehingga mereka benar-benar sanggup mengetahui konsep yang sedang dipelajari. Sehingga mereka sanggup memahami hal-hal ajaib melalui hal konkrit supaya lebih simpel dipahami.

3. Metode Jarimatika
Metode mencar ilmu matematik yang selanjutnya ialah jarimatika yang merupakan akronim dari kata jari dan matematika. Metode ini dikembangkan oleh Septi Peni Wulandari pada tahun 2000. Sesuai dengan namanya, metode mencar ilmu matematika jarimatika ialah model menghitung dengan memakai tangan. Dengan memakai rumus dan referensi tertentu, murid sanggup meyelesaikan soal menghitung lebih cepat hanya dengan mengandalkan tanga saja.

Metode ini diawali dengan pengenalan konsep dan lambing bilangan, operasi hitungan dan penerapannya dalam jari-jari. Jaritmatika sangat efektif untuk membantu anak usia dini mencar ilmu menghitung. Selain itu, metode jaritmatika juga sangat menyenangkan, apalagi kalau dilakukan secara bersamaan, alasannya ialah murid akan berlomba menggerakkan jari mereka untuk mendapat hasil dari soal hitungan yang diberikan.

4. Metode Sempoa
Metode mencar ilmu matematika dengan memakai sempoa merupakan metode yang sudah tua. Metode ini memakai sempoa yang merupakan alat hitung kuno yang sudah diperbaharui sesuai dengan kaidah-kaidah aritmatika sehingga simpel dicerna.

Matode ini memperlihatkan beberapa manfaat bagi murid, seperti: merangsang potensi otak supaya sanggup berkembang dan mencapai fungsi maksimal, melatih budi dan sistematika berfikir, melatih imajinasi dan daya berfikir, melatih konsentrasi dan daya ingat serta meningkatkan ketelitian dalam berfikir.

5. Matode Mathmagic
Mathmagic merupakan metode mencar ilmu matematika yang dirancang oleh Ariesandi Setyono. Pemahaman terhadap konsep dasar matematika lebih diutamakan daam metode ini, caranya ialah dengan memanfaatkan banyak sekali macam jenis permainan yang kemas secara menarik.
Permainan tersebut selain menyenangkan juga memancing rasa ingin tahu murid untuk menyelesaikannya, sehingga roses mencar ilmu akan terasa menyenangkan. Metode mathcmagic juga membantu meningkatkan kepercayaan diri murid sehingga mereka berani mencoba menuntaskan soal yang diberikan.

Itulah banyak sekali metode mencar ilmu matematika yang sanggup diterapkan bagi akseptor didik atau anak Anda. Kita harus pintar-pintar menentukan metode mencar ilmu matematika yang mana yang sesuai dengan murid atau anak.
Comments


EmoticonEmoticon

close